Menentukan Bentuk dan Jumlah Bordes Tangga Menurut Feng Shui

Dalam kehidupan sehari-hari tangga sangatlah penting dan sudah menjadi bagian dari rumah itu sendiri atau gedung yang memiliki lebih dari satu lantai dan sebagai penghubungnya menggunakan tangga tersebut. Akantetapi dalam menentukan bentuk dan jumlah bordes tangga menurut feng shui seringkali diabaikan. Untuk kali ini saya akan membahas mengenai desain area bordes tangga untuk rumah minimalis. Dalam menentukan bentuk bordes tangga tidak hanya dilihat dari fungsinya sebagai alat penghubung antar gedung / lantai saja akan tetapi memperhatikan juga cara penempatannya. Jangan lupa dengan aspek di dalamya yang dapat menimbulkan aspek positif menjadikan tampilan interior menjadi menawan dan indah. Untuk menjadikan area tersebut menjadi indah, Anda perlu memperhatikan  area bordes tersebut seperti yang pernah saya bahas sebelumnya berjudul Pemanis Area Bordes.

bordes tangga menurut feng shui

desain bordes tangga
tangga bordes minimalis
Disitu Anda akan diberikan beberapa pandangan mengenai dekorasi yang tepat dan fungsi area bordes menurut Feng Shui. Menurut Feng Shui jumlah anak tangga haruslah ganjil, posisi tangganya, sampai jenis material yang diterapkan di anak tangga. Tangga berada diantara lantai dasar dan lantai atasnya sebagai penghubung antar gedung makanya posisi tangga harus benar-benar tepat dan berada pada koordinat yang sama dengan lantai atas dan bawah. Tangga janganlah diletakkan di posisi ruang sisa, akantetapi diletakkan di ruang yang benar-benar memiliki fungsi dan dapat memberikan estetika rumah lebih indah. Anda juga harus memperhatikan kontruksinya agar saat Anda berjalan diatasnya dengan beban yang berat tidak akan roboh. Apabila salah sedikit saja kontruksinya, pastinya akan membahayakan Anda sendiri dan pastinya akan berisiko dengan bangunan rumahnya.

gambar bordes tangga
ukuran bordes tangga
Adapun bentuk dan ukuran tangga yang memiliki fungsi dan jumlah yang berbeda-beda. Dengan berkembangnya jaman, desain tangga bermacam-macam modelnya. Bentuk tangga biasanya disesuikan dengan ukuran ruangan dan gaya dari ruangan tersebut. Ukuran anak tangga dan tingginya juga harus Anda perhatikan karena jika terlalu banyak akan melelahkan saat menaiki anak tangganya untu ke lantai berikutnya. Ukuran anak tangga menurut feng shui yaitu sesuai dengan rumus empiris dimana lebar pijakan ditambahkan dua kali tinggi pijakan dan tidak kurang dari 60 dan tidak lebih dari 65. Demikian beberapa penjelasan mengenai Bentuk dan Jumlah Bordes Tangga Menurut Feng Shui. Silahkan baca artikel lainnya untuk mendapatkan ide untuk ruangan lainnya.