Perhatikan 6 Hal Merancang Carport!

Kuat dan cantik merupakan hal yang perlu di perhatikan dalam merancang carport untuk rumah hunian karena carport menjadi bagian yang harus dipertimbangkan secara serius saat akan membangunnya karena letaknya di bagian depan rumah, sehingga bisa mempengaruhi tampilan dari tampak depan depan rumah. Kenapa carport harus kuat? Karena carport sendiri memiliki fungsi sebagai rumah kendaraan atau pelindung kendaraan. Carport tidak hanya berfungsi sebagai tempat parkir mobil akantetapi juga sebagai tempat menyimpan motor dan sepeda. dan sebagian besar carport juga digunakan untuk menyimpan peralatan yang digunakan dalam perbengkelan kendaraan bermotor. Itu sebabnya, carport perlu perhatian khusus terutama mengenai ide desain daya pikat carport. Selain hal diatas, carport secara estetika harus terlihat indah karena sudah menjadi bagian dari elemen rumah.

Desain carport dengan atap polikarbonat, Model carport terbaru, model carport depan rumah, desain lantai carport


Berikut 6 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Merancang Carport :

  1. Posisi
    Menentukan posisi carport merupakan keharusan karena berhubungan dengan luas tanah yang dibangun. Hindari letak carport berada tepat di dekat pintu utama rumah. Namun jika lahan yang dimiliki tidak lah luas atau bahkan bangunan Anda lebih luas daripada area carport, maka tidak ada pilihan lain kalau posisi carport berada persis didekat pintu utama. Jika ini yang terjadi, siasati dengan membuat jalan setapak yang digunakan untuk berjalan menuju area carport dengan pintu masuk utama rumah. Dengan menerapkan ini diharapkan sirkulasi udara didalam rumah yang masuk ke dalam dapat berlangsung dengan baik tanpa ada gangguan.

    Tampak Depan Area Carport

  2. Luasnya Tanah
    Dalam menentukan ukuran carport tidak hanya sekadar melihat dari jenis kendaraan yang akan di simpan di dalamnya, akantetapi perhatikan juga bagaimana mobil Anda cukup leluasa bermanuver dengan aman saat kendaraan Anda masuk dan keluar dari area carport. Ukuran yang paling cocok untuk semua kendaraan yaitu berukuran 3,5mx5m, itupun cuma bisa dipakai untuk 1 mobil. Bagaimana dengan sepeda motornya? Seperti pengalaman saya sendiri di lapangan, untuk rumah dengan desain minimalis, biasanya kendaraan bermotor di tempatkan di samping tidak jadi satu dengan area carport. Seperti pada gambar berikut ini.

    Area Carport Sepeda Motor

  3. Pembuangan Air Hujan
    Dalam membangun carport, Anda harus memperhatikan satu hal ini jika Anda tidak ingin terjadi kebocoran dirumah Anda, entah itu di area carport itu sendiri atau ruangan lainnya. Perlu diketahui, bahwa curahan air hujan yang mengalir dari atas genteng kebanyakan di alirkan ke Talang dan menuju ke pembuangan air hujan dengan lancar sehingga tidak menimbulkan genangan di sekitar area carport. Atap carport yang memiliki desain datar dengan rangka atapnya dari besi stallbus, Atap Galvalum dengan dilapisi dengan GRC Elephant dapat memberikan estetika mewah dari tampak depan rumah Anda.

    Untuk area lantai dari carport pun harus diperhatikan kemiringannya agar pada saat Anda mencuci mobil Anda, air itu tidak ada masalah mengenai pembuangan airnya jadi lantai di area carport Anda akan tetap kering dan sisa sabun cucian bisa lari ke saluran air atau got. Apa manfaat dari ini? Dengan lantai sering kering dari genangan air hujan atau air bekas cucian, maka Anda akan terhindar dari kerusakan dari lantai carport dan pondasinya. Maka rencanakan terlebih dahulu pembuangan air hujan atau pembuangan di area lantainya sejak awal sebelum mendesainnya.

  4. Desain Carport
    Menyesuaikan desain antara carport dengan type bangunan rumah Anda sangatlah penting, jangan sampai Anda membangun carport menjadikan estetika rumah Anda menjadi berkurang dan kurang indah. Keindahan rumah sangatlah penting karena tampak depan rumah biasanya menentukan juga sifat dari penghuni rumah itu sendiri. Maka mendesain carport ini sangat penting untuk dijaga. Desain apapun yang Anda pilih harus memperhatikan faktor kekuatan kontruksi dan struktur, serta keamanan carport harus diutamakan untuk melindungi rumah dan mobil Anda sendiri.


    Tampak Samping Area Carport

  5. Rangka Atap dan Pondasi
    Kedua element inilah yang menjadi salahsatu pondasi yang mempengaruhi kekuatan carport dan keindahan area carport itu sendiri. Kontruksi atap carport haruslah aman dan tahan terhadap beban berat disaat area carport dengan bentangan yang luas. Ada dua pilihan jenis bahan material atap yaitu transparan dan masif (tidak transparant). Pilihlah jenis material atap dengan memperhatikan penggunaan dari carport itu sendiri dan jangan lupa sesuaikan dengan iklim lingkungan setempat mengenai frekuensi curah hujan, tingkat panas matahari, dan angin.

    Carport digunakan untuk tempat menaruh kendaraan, maka kondisi lantai carport dan pondasinya harus dibuat sekuat mungkin untuk menahan beban dari kendaraan itu sendiri dan beban dari atap itu sendiri.


  6. Anggaran Biaya
    Pilihan terakhir yaitu menentukan anggaran biaya untuk membangun carport. Dalam menentukan anggaran carport itu sendiri bisa Anda hitung tergantung dengan desain carport, struktur, dan material yang digunakan dalam membangun carport. Untuk mensiasati anggaran biaya agar tidak membengkak, Anda bisa memilih jenis material yang ekonomis dan menerapkan struktur yang sederhana akantetapi aman untuk aktivitas didalamnya. Dengan harga yang ekonomis jangan berharap banyak memiliki rangka dan penyangga yang kuat. Konsultasikan jenis material yang Anda gunakan dengan ahlinya agar tidak salah saat membangun carport walaupun dengan harga yang ekonomis.